Saturday, November 20, 2010

.. Sakit Punggung & Nyeri di Trisemester ke dua ..

Para Bumil yg masuk ke Trisemester ke dua, kalau aku pribadi mengalami sakit punggung dan rusuk di sebelah kanan, juga pinggang serta pantat ku ...
sampai-samapi aku susah tidur ...
ini ada resume, tips-tips yg aku baca serta ku copas, semoga bermanfaat yah buat bumil yg mengalami sama seperti aku alami ...

Nyeri di Bagian Belakang
Kondisi ini disebabkan oleh janin Anda yang semakin besar dan berat.
Cara Mengatasi:
  • pakai bantal tambahan sebagai penopang bagian pinggang dan punggung
  • lakukan gerakan khusus untuk melatih elastisitas pinggang Anda (latihan peregangan)
  • tidur menyamping, sisi kiri dan kanan bergantian. Letakkan bantal di sela-sela paha
Sebenarnya bukan hanya sakit punggung saja, yg aku alami, juga termasuk kram di tumit kaki ku ..
ada tips bagus para bumil, di simak yah :

Gangguan Kaki
Saat Anda mengantuk, kaki Anda seringkali merasakan sensasi seperti ada yang merayap, sehingga Anda menggerakkan kaki terus-menerus. Hal ini tentu membuat Anda sukar terlelap.
Juga, seringkali Anda diganggu oleh serangan kram mendadak.
Cara Mengatasi:
  • asupan kalsium adalah salah satu cara yang dianggap aman
  • lakukan peregangan ringan pada kaki
  • letakkan kaki lebih tinggi dari panggul selama 10-15 menit, saat berbaring dan sebelum tidur
  • pijat. Minta tolong pada suami untuk memijat kaki yang sering kram dan nyeri

No comments: